Riset & Berita

  • Follow Us :

Personality dan Investasi

Kepribadian, adalah suatu aspek yang tidak bisa lepas dari seseorang. Kepribadian meliputi sifat, ekspresi, temperamen dan tingkah laku yang khas dari seseorang dan bagaimana mereka bersikap menghadapi berbagai situasi yang terjadi. Termasuk didalamnya adalah seberapa jauh pribadi seorang dapat menerima risiko atau yang bisa kita sebut dengan tingkat risk tolerance.

Perbedaan tingkat risk tolerance dari setiap orang menghasilkan tipe-tipe investor yang berbeda. Secara umum terdapat tiga jenis tipe investor; yang pertama adalah tipe konservatif, yang kedua adalah tipe normal, dan yang terakhir adalah tipe agresif.

Investor dengan tipe konservatif adalah orang-orang yang menghindari dan tidak menyukai risiko, atau bisa kita sebut risk averse. Dalam memilih investasinya, mereka akan  mempertimbangkan segala aspek dan membuat skenario skenario yang mungkin terjadi. Biasanya, mereka akan memilih skenario terburuk yang memiliki payoff terbesar.

Untuk menghindari risiko yang didapat, mereka juga akan bersikap ragu-ragu dan menunda untuk berinvestasi. Oleh karena itu, investasi yang cocok untuk investor tipe konservatif adalah yang bebas risiko dan tidak mudah dipengaruhi oleh kondisi pasar atau ekonomi yang berfluktuasi. Contohnya adalah deposito, asuransi, produk kas, pasar uang dan lain-lain.

Tipe kedua adalah tipe normal. Investor dengan tipe normal adalah orang-orang yang menginginkan hasil yang tinggi dan dapat menerima beberapa risiko yang bersifat sedang. Mereka berada di tengah-tengah antara orang yang tidak menyukai risiko dan yang menyukai risiko atau bisa kita sebut dengan risk neutral.

Orang-orang yang risk neutral lebih menekankan kepada tingkat kepuasan yang maksimal sehingga mereka membutuhkan sesorang yang untuk mengelola investasi mereka. Oleh karena itu, jenis investasi yang cocok adalah reksa dana, unit link, fixed income equity dan lain-lain

Tipe yang terakhir adalah tipe agresif. Investor dengan tipe agresif adalah orang-orang yang menyukai tantangan dan risiko, bisa disebut juga dengan risk loving. Kondisi yang tidak pasti (uncertainty) dan fluktuasi malah akan membangkitkan semangat mereka. Menebak-nebak dan gambling dalam pengambilan keputusan adalah hobi para risk loving.

Investor tipe ini mengambil tindakan dengan berani dan mudah tergiur oleh investasi yang memiliki high return apapun risikonya. Oleh karena itu, jenis investasi yang cocok untuk orang yang berani adalah saham, properti, dan lain lain.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami tipe investasi yang sesuai dengan kepribadian atau karakter Anda agar dapat menghindari penyesalan yang datang di kemudian hari. Perlu dingat bahwa aturan yang berlaku adalah “High risk high return, low risk low return”, dimana Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar jika berani menanggung risiko yang besar pula.

Dengan kata lain, hasil yang Anda dapatkan tergantung dengan apa yang Anda korbankan. Jadi, kira-kira, mana yang lebih menarik untuk Anda? Apapun jawabannya, jangan lupa untuk berinvestasi dengan bijak demi masa depan yang lebih cerah.

Ditulis oleh: Anonymous, 14 Juni 2017 14.29 WIB