Riset & Berita

  • Follow Us :

Beberapa Cara untuk Menambah Kekayaan Anda

Apa yang akan anda lakukan ketika memiliki uang yang berlebih? Sebagai manusia, sangat wajar jika kita ingin membelanjakan atau menghabiskan uang yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan semata. Namun, ada baiknya jika kita melakukan hal-hal yang dapat membuat kekayaan kita bertambah lagi seperti yang akan dijabarkan berikut ini.

1. Menabung sejumlah porsi pendapatan yang lebih besar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menabung atau menyimpan sebagian besar porsi pendapatan anda. Jika rata-rata orang menabung adalah 5-8% dari pendapatannya, akan lebih baik jika Anda menabung sampai 20% porsi dari pendapatan anda.

Artinya, jika pendapatan anda sebesar 10 juta rupiah, sisihkan paling tidak 2 juta rupiah untuk ditabung kembali. Dengan begitu, anda tidak akan boros berbelanja dan bisa hidup dengan hemat. Ditambah lagi, bunga tabungan yang anda dapat akan lebih besar pula jika jumlah yang ditabung besar.

2. Bebaskan diri anda dari hutang

Hutang yang semakin banyak dapat membahayakan keuangan anda. Tambahan lagi, hutang yang menumpuk mengindikasikan bahwa anda terlalu banyak berbelanja dan terlalu sedikit menabung.

Sebisa mungkin, dahulukan membayar hutang sebelum hal itu menjadi malapetaka bagi anda. Jika hal ini sudah dicapai, anda akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menginvestasikan  uang anda.

3. Investasi sejak muda dan berjangka panjang

Menyimpan dan menabung dapat menguntungkan anda, namun akan lebih menguntungkan jika anda memutar uang yang anda miliki dengan berinvestasi. Investasi bisa dilakukan oleh siapa pun dan pada usia berapapun. Ditambah lagi, banyaknya inovasi teknologi dalam dunia investasi akan memudahkan kita untuk bertransaksi

Beberapa orang berkata dan percaya bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan investasi jangka panjang. Selain keuntungan yang besar, anda tentunya akan memiliki pegangan yang berarti untuk masa depan. 

4. Menambah ilmu dan mengikuti training

Waktu luang memang sangat berharga, dan biasanya digunakan untuk istirahat. Tapi, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih memang diperlukan usaha yang lebih pula. Oleh karena itu, mulai sekarang manfaatkan waktu luang anda untuk memperluas wawasan baru yang berguna dalam meningkatkan kualitas diri.

Selain memperluas wawasan, tentunya anda akan bertemu dengan orang baru yang dapat memperluas jaringan pertemanan anda. Pertukaran ide kreatif dan gagasan akan memunculkan berbagai peluang baru. Kesimpulannya, bukan hanya kekayaan fisik saja yang akan bertambah namun kekayaan akan ilmu dan teman pun juga bertambah.

Cara-cara diatas jika dijalani dengan serius dan konsisten akan membantu anda untuk menambah kekayaan anda. Satu hal yang perlu ditekankan adalah, seperti apa yang dibilang diatas, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih, anda harus mengorbankan lebih pula. Jadi, jangan takut untuk melangkah lebih jauh, karena itu akan memberi anda lebih banyak keuntungan.

Ditulis oleh: Anonymous, 15 Juni 2017 pukul 14.45 WIB