Initial Public Offering (IPO) adalah proses transformasi suatu perusahaan menjadi perusahaan publik dengan menjual sebagian dan/atau seluruh perusahaan melalui penawaran pasar perdana (primary market), dimana selanjutnya kepemilikan perusahaan dapat diperjualbelikan melalui transaksi saham pasar sekunder (secondary market).
- Siapa yang berhak untuk memesan saham IPO?
Semua nasabah Mandiri Sekuritas berhak memesan secara pooling. - Bagaimana jika terjadi refund?
Refund akan dikirimkan melalui Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) ke masing-masing Sub Rekening Efek (SRE) Nasabah dan selanjutnya akan dikembalikan ke masing-masing Rekening Dana Nasabah (RDN) nasabah. - Apa yg terjadi jika pembayaran kurang dari nilai pesanan?
Pemesanan akan dibatalkan oleh Mandiri Sekuritas - Apa yang terjadi jika nasabah membayar melebihi waktu yang ditentukan?
Pemesanan akan dibatalkan okeh Mandiri Sekuritas, dana akan dikembalikan pada tangggal refund date - Apakah pemesanan yang diinput bisa dicancel/ diubah?
Tidak bisa, nasabah perlu memastikan pemesanan yang akan sebelum melakukan submit pesanan - Nomor virtual account untuk pembayaran antara 1 nasabah dengan nasabah lain apakah sama?
Nomer virtual account adalah unik per nasabah sehingga nasabah perlu memastikan nomer virtual account dan nama pada saat transfer sesuai nomer virtual account yang dikirim ke alamat email masing - masing nasabah - Apakah nasabah dapat berkali - kali transfer ke nomor virtual account?
Nasabah dapat transfer bertahap sampai dengan maksimal waktu yang telah ditentukan - Bagaimana apabila nasabah kelebihan transfer ke nomer virtual account?
Kelebihan dana akan dikembalikan pada saat refund date - Kapan nasabah menerima email informasi pembayaran IPO apabila melakukan pemesanan sebelum offering date?
Nasabah akan menerima nomer virtual account pada tanggal efektif OJK atau offering date - Kapan nasabah menerima email informasi pembayaran pesanan IPO apabila nasabah menginput di offering date?
Nasabah akan menerima email nomer virtual account paling lambat dalam waktu 1x24 jam - Apabila nasabah memiliki lebih dari 1 rekening efek apakah bisa melakukan pemesanan atas setiap rekening efek?
Nasabah hanya dapat melakukan 1 pemesanan di SID yang sama, nasabah hanya dapat menginput dari salah 1 rekening efek - Apabila nasabah melakukan pemesanan di Mandiri Sekuritas apakah boleh melakukan pemesanan di Sekuritas lain?
Nasabah hanya dapat melakukan 1 pemesanan di 1 sekuritas, apabila terdapat pemesanan ganda, pemesanan akan dibatalkan oleh Biro Administrasi Efek (BAE), BAE hanya melakukan penjatahan atas 1 pemesanan di salah satu Sekuritas - Apakah Mandiri Sekuritas melayani jasa pembayaran ke virtual account?
Mandiri Sekuritas tidak melayani jasa pembayaran ke virtual account di luar Mandiri Sekuritas, nasabah perlu berhati hati apabila ada pihak yang mengatasnamakan Mandiri Sekuritas untuk penerimaan order dan pembayaran virtual account - Apakah ada biaya pemesanan pooling?
Tidak ada biaya pemesanan pooling, nasabah hanya menambah biaya transfer bank pada saat transfer ke nomer virtual account - Apakah ada lock up period atas saham yang dipesan?
Tidak ada lock up period atas saham IPO yang telah dipesan - Apakah nasabah perlu download FPPS dan menyerahkan FPPS yang diisi ke Mandiri Sekuritas?
Tidak perlu, nasabah cukup submit pemesanan melalui ipo.most.co.id sebagai pengganti FPPS
Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut, mohon untuk menghubungi cabang terdekat atau Care Center Mandiri Sekuritas di nomor telepon 14032 atau e-mail care_center@mandirisek.co.id. Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Ayo mulai berinvestasi di MOST. Anda bisa berinvestasi nyaman melalui aplikasi mobile dengan mengunduh MOST di Play Store dan App Store. Belum punya rekening? Daftar sekarang melalui register.most.co.id.