Riset & Berita

  • Follow Us :

Mulai Investasi untuk Menyiapkan Masa Depan Anda

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini terjadi karena keselarasan pengelolaan bisnis yang baik di masyarakat dan dukungan serta regulasi memihak investor yang diterbitkan pemerintah.

Dahulu masyarakat memandang investasi saham sebagai perjudian yang menguntungkan perusahaan atau otoritas saja. Terlebih lagi, masyarakat belum sepenuhnya menyadari tentang investasi beserta jenisnya karena minimnya edukasi terhadap investasi tersebut oleh pemerintah. Hal ini menjadi penyebab utama ketidaktertarikan masyarakat dalam berinvestasi saham dan lebih memilih untuk berinvestasi dalam bentuk aset yang lebih mudah dipahami seperti emas dan properti.

Bagaimana cara tepat dalam perencanaan uang masa depan?

Tentu dengan mengalokasikan dana yang kita miliki dengan menabung dan investasi. Hal ini merupakan pilihan yang cerdas dan bijak karena menjadi simpanan di hari tua serta aset berharga kita. Terlebih lagi, kondisi perekonomian global yang tidak menentu yang membuat keadaan kurang bersahabat. Menabung dan investasi dapat membantu kita untuk tetap bertahan dan dapat menjadi dana simpanan tetap bagi kita dan keluarga di masa depan.

Memasuki era masyarakat modern, kebutuhan berinvestasi menjadi sorotan karena beberapa tahun terakhir pemerintah mengeluarkan kemudahan berinvestasi melalui kebijakannya dan mendorong lembaga terkait seperti Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk meberikan edukasi kepada masyarakat dan meluncurkan program investasi.

Segmen pelajar dan mahasiswa turut menjadi perhatian karena merupakan pasar potensial dan dapat membantu untuk mulai berinvestasi sejak dini dalam mempersiapkan masa depan. Pelajar dan mahasiswa dapat memulai berinvestasi dengan nilai yang rendah sembari memahami pilihan berinvestasi yang tepat baginya.

Di dalam investasi, pelaku transaksi digolongkan menjadi dua yaitu investor sebagai penanam saham jangka panjang yang memperoleh keuntungan dari pembagian dividen oleh perusahaan dalam selang waktu bulan sampai tahun dan trader sebagai pelaku transaksi jangka pendek dalam upaya mendapatkan margin profit atau capital gain dari transaksi saham tersebut.

Perlu diketahui bersama bahwasanya dalam berinvestasi memerlukan perencanaan dan konsultasi sehingga dana yang kita investasikan dapat membuahkan hasil yang maksimal. Dibandingkan dengan deposito yang memberikan profit sekitar 6%-8%, investasi saham dapat memberikan margin profit sebesar 15%-20%.

Memulai berinvestasi sejak dini membantu mahasiswa dan khalayak umum untuk dapat mengelola keuangan dengan bijak dan meningkatkan keterampilan menganalisa risiko. Adanya risiko tentu menjadi sebuah tantangan, menandakan adanya kompetisi yang baik di pasar sekaligus hal positif dalam meningkatkan kualitas diri.

Begitu pula dengan berinvestasi saham, kita dilatih untuk menganalisis risiko yang akan terjadi terhadap dana yang diinvestasikan, mengajarkan pengambilan keputusan yang tepat dalam memilih perusahaan dan menimbang berbagai hal berkaitan perencanaan finansial.

PT. Mandiri Sekuritas menyediakan kemudahan berinvestasi yang dapat diakses secara online serta mendukung berbagai platform desktop dan mobile. Mandiri Sekuritas terdaftar sebagai instansi penyedia investasi terbesar dan terpercaya di Indonesia dengan pengawasan OJK serta perlindingan SIPF.

Tidak sekadar menyediakan platform untuk bertransaksi saham via online, Mandiri Sekuritas melalui MOST juga memberikan pelatihan secara berjenjang dan berkala bagi nasabah maupun calon nasabah dalam edukasi investasi. Pelatihan yang diselenggarakan terbagi atas tiga tingkat yaitu basic 1, basic 2, dan intermediate.

Ketiga tingkatan tersebut akan membantu kita mahir dalam berinvestasi dengan dukungan aplikasi MOST desktop, mobile (Android/iOS) serta halaman web responsive yang menyuguhkan fitur lengkap dan layanan real time sehingga membantu kita dalam memonitor keadaan market secara langsung.

Mandiri Sekuritas juga memiliki MOST Syariah untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam investasi berdasarkan syariat Islam. Hal ini juga menarik antusiasme masyarakat yang beragama Islam untuk bersama memiliki saham dengan membeli saham dari perusahaan yang menganut sistem syariah.

Cukup mudah untuk dapat mendaftarkan diri dan bertransaksi MOST Syariah ini. Berikut ini langkah transaksi aman yang dapat dilakukan calon nasabah yang berminat untuk investasi saham syariah.

Tidak perlu ragu dan takut untuk berinvestasi. Anda juga tidak perlu merasa bingung dengan alat yng digunakan untuk bertransaksi dan memonitor kondisi pasar karena Mandiri Sekuritas menyediakannya dengan fitur lenglap dan dapat dipantau secara real time. Jangan merasa ketinggalan jaman karena juga tersedia pelatihan tentang investasi secara teknikal dan praktek serta didukung forum khusus membahas isu terhangat investasi.

Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi karena peluang masih terbuka lebar untuk Anda yang ingn sukses dalam perencanaan finansial di masa depan

Ditulis oleh : Ardian Dinar Pratama, Pemenang Kedua MOST Article Competition - Investasi Syariah